Keuntungan Mendafatan Dari Hasil Follower Hingga Mencapai 2 Juta Bagi Perusahhan

21 views


www.credolayout.com – Punya 2 Juta Follower di Medsos, Strategi Digital KFC Dinilai Efektif,Era digital saat ini menuntut setiap orang, termasuk pelaku bisnis, untuk bergerak cepat. Selain menjangkau lebih banyak konsumen, bisnis di era digital ini berlomba-lomba untuk menjangkau dan tetap terhubung dengan khalayak yang besar di media sosial. Hal ini tentu saja untuk menciptakan citra merek yang kuat.

Dalam hal ini, salah satu perusahaan yang dianggap berhasil menjangkau audiens sebanyak mungkin untuk menjaga hubungan dengan audiensnya adalah KFC Indonesia. Akun media sosial KFC Indonesia menjadi akun FnB pertama di Indonesia yang mencapai 2 juta pengikut. Bahkan, dari survei MediaWave, KFC Indonesia mengungguli pesaingnya dengan menjadi akun media sosial favorit netizen.

Strategi dan rencana yang matang harus berada di balik kesuksesan KFC Indonesia. Keberhasilan ini tidak lepas dari partisipasi talenta yang membantu merencanakan dan memecahkan masalah kreatif yang tetap fokus pada tujuan membantu perusahaan mencapai efektivitas pemasaran digital.

Mereka adalah Unithree, sebuah perusahaan jasa kreatif yang didirikan pada tahun 2014. Unithree sendiri saat ini memiliki 3 unit bisnis. Yang pertama adalah Unithree yang terlibat dalam layanan pemasaran kreatif, yang kedua adalah MarcMade yang terlibat dalam desain layanan dan pengembangan pengalaman, dan yang terakhir adalah WonderWhy yang terlibat dalam analisis persepsi budaya.

Salah satu pendiri dan direktur pelaksana Unitree Daniel Chia mengatakan layanan menonjolnya adalah pemasaran media digital dan sosial dan berbagai fasilitas pendukung seperti penelitian budaya, manajemen iklan dan influencer, serta desain dan branding. “Dengan layanan ini, kami mampu menciptakan output kreatif yang berdampak langsung dan terukur berupa pertumbuhan digital aset dan bisnis klien,” jelasnya dalam keterangan tertulis, Jumat (26/8/2022).

Menurutnya, kombinasi strategi komunikasi, pengembangan kreatif dan media plan yang dipadukan dengan wawasan dari budaya lokal mampu mendekatkan klien dengan target pasar masing-masing. “Salah satunya adalah beberapa kampanye KFC Indonesia kami yang viral di media sosial karena cara berkomunikasi yang tepat dan relevan dengan masyarakat Indonesia,” tambahnya. Unitree mulai mengelola akun media sosial KFC Indonesia pada awal Agustus 2018, di mana @kfcindonesia baru mencapai 550 ribu pengikut. Daniel mengungkapkan, “Always Original” dipilih sebagai brand essence yang mendorong strategi mereka dalam mengelola kehadiran digital KFC Indonesia. Diartikan sebagai keaslian dan keunikan yang berasal dari Indonesia.

“Misi kami adalah merasakan dan memahami budaya lokal, menemukan dan memenuhi selera lokal, serta tetap dekat dan relevan dengan publik. Kualitas-kualitas ini membantu kami menciptakan taktik pertunjukan kontemporer yang kami banggakan, yaitu mendorong momentum lokal,” kata Daniel. Contohnya saat pandemi COVID-19 melanda dan berdampak negatif bagi perekonomian Indonesia, termasuk perusahaan FnB seperti KFC Indonesia. Pada saat itu, ada kampanye merek besar untuk mendorong konsumen untuk terus menggunakan produk mereka dan juga untuk mendiskusikan produk dari berbagai merek untuk kepentingan ribuan karyawan yang juga membutuhkan bantuan.

Ini tentu saja membangkitkan simpati publik yang besar. Merek yang berbeda langsung saling mengucapkan terima kasih dan beberapa dari mereka berpartisipasi dalam kampanye yang sama. Jadi tantangannya adalah bagaimana mengalihkan wacana publik ke arah kampanye yang menawarkan nilai tambah. “Konsep ‘Mendukung Bisnis Lokal’ kami perkenalkan dengan nilai tambah menawarkan ruang promosi gratis kepada UKM lokal di Indonesia melalui kolom komentar di akun media sosial KFC dan ditampilkan 20 brand populer sebagai – juga didukung oleh Instagram story KFC Indonesia. Lebih dari 10 ribu perusahaan berpartisipasi dan total 4 juta tampilan dikumpulkan, semuanya dengan anggaran 0 rupee, ”kata Daniel.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.