Gear 5 Luffy vs Ultra Instinct Goku, Mana yang Lebih Kuat?

26 views


Saat berbicara mengenai para karakter terkuat di seri manga bergere Shonen, karakter Monkey D. Luffy dari seri One piece dan Son Goku dari seri Dragon Ball absolut selalu berada di peringkat atas. Kedua karakter ialah para petarung dan juga protagonis utama yang sangat luar biasa. Popularitas mereka pun tidak pernah padam meskipun sudah puluhan tahun muncul.

Beberapa waktu kemarin, Luffy menerima peningkatan kekuatan terbaru dari buah iblis miliknya yaitu Gear Fifth atau Gear Lima. Hal ini pun membuat Luffy akhirnya bisa membuatnya berhasil mengalahkan makhluk paling kuat di dunia, Kaido. Namun, perdebatan di jagat maya muncul yang membahas mengenai mana yang lebih kuat Gear Fifth atau Ultra Instinct milik Goku.

Gear Fifth

Setelah sempat banyak dispekulasikan oleh para fans One Piece, akhirnya Eiichiro Oda pun mengonfirmasi mengenai peningkatan kekuatan terbaru dari Luffy yaitu Gear 5. Mengalahkan Kaido menjadi misi utama Luffy di arc Wano. Meskipun Luffy diperlihatkan bisa menandingi kekuatan dari Kaido, tetapi sebagian fans sendiri menyadari bahwa Luffy masih butuh lebih banyak lagi kekuatan untuk mampu mengalahkan Kaido.

Karena itulah, mereka pun berspekulasi mengenai kemungkinan Luffy yang akan membangkitkan kemampuan Gear 5 miliknya. Setelah hanya spekulasi, akhirnya hal tersebut pun menjadi kenyataan. Dalam chapter 1044 kita ketahui bahwa kemampuan terbaru – yang berupa awakening – dari tubuh Luffy disebut oleh Luffy sendiri sebagai kekuatan terbesar dan terkuatnya ketika ini.

Selain itu, Luffy pun menyebutkan bahwa kekuatan terkuatnya tersebut sebagai Gear 5. Dalam Gear 5 ini, Luffy baru diperlihatkan bisa melompat dengan sangat tinggi. Meskipun begitu, tubuh Luffy tetap saja masih elastis mirip karet. Yang luar biasa juga ialah mirip dijelaskan oleh Gorosei, bahwa dengan kemampuan Gear 5 atau awakening dari buah iblis Luffy ini membuat tubuh Luffy akan bisa memiliki “kebebasan” tersendiri dan juga “kekuatan” yang jauh lebih besar.

Ultra Instinct

Ultra Instinct secara garis besar adalah sebuah teknik yang mengacu pada kebebasan alam bawah sadar penggunanya. Whis mengatakan bahwa Ultra Instinct membuat penggunanya mampu menghindari sebuah agresi dalam waktu cepat, dengan meningkatkan refleks mereka. Selain itu teknik ini juga mampu meningkatkan akurasi agresi kepada lawan.

Dragon Ball Super: How Powerful Is Goku's New 'True Ultra Instinct' Form? - HIGH ON CINEMA

Ultra Instinct secara garis besar adalah sebuah teknik untuk melatih ketangkasan. Wish mengatakan, bahwa Ultra Instinct membuat penggunanya mampu menghindari sebuah agresi dalam waktu cepat, dengan meningkatkan refleks. Selain itu teknik ini juga mampu meningkatkan akurasi agresi kepada lawan. Whis menjelaskan, bahwa dalam menggunakan Ultra Instinct diharapkan kondisi hati dan pikiran yang damai.

Karena hal itulah, wajar kalau kemudian teknik ini menjadi teknik yang digunakan oleh para Angel atau para dewa. Mereka semua memang sangat jarang bertarung. Bahkan, mampu kita katakan bahwa mereka hampir tidak pernah bertarung. Meskipun begitu, teknik ini selalu aktif setiap ketika yang membuat mereka mampu terhindar dari banyak sekali agresi atau ancaman.

Mana yang Lebih Kuat?

Harus kita akui bahwa teknik Ultra Instinct berada jauh lebih superior daripada Gear Fifth. Hal ini karena level kekuatan mereka yang sangat berbeda. Kekuatan dari Gear Fifth memang sangat dahsyat, yang mampu kita lihat dalam pertempuran melawan Kaido. Namun, level kekuatannya sangat berada jauh daripada level kekuatan dari Ultra Instinct. Ada kemungkinan, level Ultra Instinct paling rendah pun masih bisa menawarkan keunggulan dari Gear Fifth.

Rambut Hitam! 6 Fakta Ultra Instinct Sign Goku Dragon Ball Super

Kalau Gear Fifth mungkin memiliki keuntungan dengan menjadi salah satu kekuatan terbesar di bumi, Ultra Instinct tidak berada di level yang sama dengan Gear Fifth. Dalam ceritanya terungkap bahwa Ultra Instinct ialah kekuatan para dewa. Adalah, tidak semua insan atau bahkan makhluk lain yang mampu dengan mudah mempelajari teknik tersebut. Goku, sosok Saiyan paling kuat dan salah satu petarung terkuat di alam raya, masih belum sanggup menguasai teknik ini secara penuh.

Adalah, mampu kita bayangkan seberapa dahsyat level kekuatan dari Ultra Instinct tersebut. Jadi, kesimpulannya, perbandingan antara Ultra Instinct melawan Gear Fifth yang ramai di jagat media umum bukan perbandingan yang seimbang. Ultra Instinct terang sangat unggul karena kekuatannya sudah bukan lagi level insan, melainkan level dewa. Meskipun begitu, Gear Fifth pun masih memiliki keunggulan lainnya mirip yang mampu kita lihat di chapter kemarin yang membuat bajak laut lain kewalahan. Bagaimana menurut kalian Geeks? Apakah kalian setuju dengan hal ini?



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.