DuckDuckGo, Mesin Pencari Video Terbaik Pengganti Google

33 views


Pengguna Internet selama ini lebih akrab dengan search engine yang biasa digunakan seperti Google, Bing atau Yahoo. Namun tahukah bahwa sekarang ini sudah hadir sebuah mesin pencari yang lebih aman dari Google? Mesin pencari yang dimaksud disini adalah DuckDuckGo.

Perlu diketahui bahwa search engine terbaru ini banyak diburu oleh sebagian orang yang ingin kegiatan internetnya tidak bisa dilacak. Selain itu, penggunaannya juga memang aman sehingga cocok untuk mengutamakan masalah privasi.

Riview DuckDuckGo

DuckDuckGo atau yang biasa disebut dengan DDG merupakan search engine tangguh yang dibuat oleh Gabriel Weinberg bersama dengan tim pada tahun 2018 silam. Penggunaan DDG diklaim memang sama sekali tidak melacak aktivitas para penggunannya.

Selain itu, DDG juga tidak menggunakan cookie, tidak menyimpan alamat IP, dan pengguna juga tidak perlu membuat profil pribadi. Hal inilah yang mampu membuatnya semakin populer dan menyaingi Google.

Bahkan kamu juga akan terhindar dari filter bubble yang dimana banyak dijumpai pada mesin pencari pada umumnya. Sehingga pada saat melakukan pencarian, kamu akan mendapatkan rekomendasi atau hasil yang sama seperti pengguna lainnya.

Hal ini berarti bahwa hasil penelusuran yang dilakukan berbeda dengan riwayat pencarian dan preferensi setiap pengguna. Selama ini banyak sekali yang berpikir bahwa privasi menjadi hal yang paling sulit untuk dijaga di jaringan internet.

Namun kehadiran search engine ini ini memang bertujuan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Di halaman resminya juga sudah dijelaskan bahwa misi utama yang mereka miliki yaitu untuk menghadirkan standar baru tentang kepercayaan online.

Layanan atau Fasilitas yang Ditawarkan

Selain lebih aman, DuckDuckGO vs Google ternyata juga menawarkan layanan yang jauh lebih lengkap. Beberapa layanan menarik yang ditawarkan oleh DDG adalah seperti di bawah ini:

1. Quick Stopwatch

Quick-Stopwatch

Sama halnya dengan Google, DDG juga mengizinkan para pengguna dalam membuat quick timer. Namun di DuckDuckGo search engine, masih ada suatu tambahan fasilitas yang lainnya yaitu stopwatch. Kamu bisa cari “Stopwatch” jika tertarik untuk menggunakannya.

2. Loan Calculator

Loan-Calculator

Fasilitas atau layanan ini hampir jarang dimiliki oleh kebanyakan mesin pencari. Kegunaannya sendiri adalah untuk melihat jumlah cicilan bulanan yang kamu miliki sekaligus mengetahui total bunga yang perlu dibayarkan.

3. Memeriksa Situs atau Web yang Sedang Down

Memeriksa-Situs-atau-Web-yang-Sedang-Down

Jika kamu tidak bisa mengakses sebuah situs atau website, tentu kamu ingin mencari tahu apakah situs tersebut tidak bisa digunakan di semua tempat atau memang hanya di perangkat yang kamu gunakan.

Masalah ini bisa kamu atasi dengan menggunakan mesin pencari terbaik DDG. Caranya adalah dengan memasukkan keyword atau kata kunci, contohnya “Is amazon.com down for me”.

4. Kalender

Kalender

DuckDuckGo vs Google sama-sama bisa menunjukkan tanggal dan waktu sekarang ini. Namun DDG tentu jauh lebih baik karena sudah support dengan kalender sebagai jawaban yang paling lengkap dan instan.

Sebagai contoh, jika kamu search Kalender untuk melihat tanggal pada waktu sekarang ini. Maka tidak hanya tanggal saja yang akan diperlihatkan, tapi juga bulan lengkap beserta tahun.

5. Memeriksa Jumlah Karakter

Memeriksa-Jumlah-Karakter

Fitur yang tak kalah menarik yang bisa dicoba yaitu jumlah karakter. Kamu bisa mengetahui dengan cepat mengenai jumlah karakter yang ada pada kueri pencarian. Caranya yaitu dengan mengetikkan “karakter” baik sesudah atau sebelum kueri tersebut.

6. Mengubah Huruf Menjadi Besar

Mengubah-Huruf-Menjadi-Besar

Kalau kamu ingin mengubah suatu kalimat menjadi Tittle Case, Lowercase atau Uppercase maka juga bisa dilakukan di DDG. Dalam hal ini kamu hanya perlu memasukkan salah satu dari ketiga istilah tersebut di DuckDuck search engine.

7. Mencari Toko Aplikasi

Mencari-Toko-Aplikasi

DDG juga menyediakan layanan yang memudahkan pengguna untuk mencari aplikasi yang populer. Caranya adalah dengan ketikkan nama aplikasi yang diinginkan, maka akan langsung tampil banyak aplikasi yang memiliki fungsi sama.

Kamu bisa langsung klik salah satu aplikasi manakah yang diinginkan, jika sudah akan muncul harga, deskripsi secara lengkap, dan link atau tautan ke toko.

Fitur Unggulan

Fitur-Unggulan

Selain menawarkan beragam layanan dan fasilitas menarik, DuckDuckGo juga memiliki fitur andalan yang patut dicoba. Adapun fitur-fitur unggulan yang tidak akan kamu jumpai di search engine yang lainnya adalah sebagai berikut:

1. Password Generator

Jika tidak memiliki inspirasi sama sekali saat membuat password, pengguna diperbolehkan untuk menggunakan fitur password generator yang disediakan. Secara default, kamu bisa memiliki 8 digit password yang memiliki kekuatan rata-rata.

Bahkan juga bisa menentukan jumlah digit tersebut dengan cara melakukan penambahan nomor di bagian akhir. Tentukan juga, apakah ingin menggunakan password yang lemah ataukah kuat.

2. Anagram Solver

Fitur unggulan berikutnya yang bisa kamu gunakan yaitu Anagram Solver. Untuk menggunakan fitur ini kamu hanya perlu menambahkan anagram sebelum mengetik kata yang ingin dipakai.

3. Character Count

Fitur character count memiliki kegunaan untuk menambah karakter secara lebih cepat, baik di smartphone ataupun perangkat lainnya. Caranya yaitu dengan melakukan penambahan karakter di masing-masing akhir teks jika ingin melihat jumlah karakter.

4. !Bangs

!Bangs merupakan jalan pintas atau shortcut yang membawa pengguna menunju hasil pencarian dari website lain secara lebih cepat. Fitur ini berada di samping tombol panah yang memiliki bentuk panah kecil dan dapat digunakan dalam memilih beberapa website yang populer.

Seperti misalnya, ketika ingin melakukan pencarian di website Amazon, maka tinggal pilih !a lalu masukkan kata kunci yang ingin dicari. Jika berminat untuk melihat website populer dan perintah (!) yang ada, kamu bisa langsung masuk ke fitur ini.

5. Embedded Social Media Profiles

Saat ingin mencari pengguna atau sebuah merek, search engine ini akan membantu menemukan profil sosial mereka dan kemudian menyematkannya pada hasil pencarian. Fitur yang satu ini sangat berguna untuk mendapatkan update paling terbaru dari akun lain atau merk tanpa harus repot.

6. Instant Answer

Fitur Instant Answer akan memberikan kamu jawaban dari semua pertanyaan yang sudah diketik pada halaman hasil pencarian. Mesin penelusuran yang satu ini akan memberikan jawaban yang diambil dari 100 lebih sumber di Internet.

Kelebihan DuckDuckGo

Kelebihan-DuckDuckGo

Tak berbeda jauh dengan Google, mesin pencari ini juga memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Adapun beberapa kelebihan atau keunggulan yang dimilikinya adalah sebagai berikut ini:

1. Menjaga Privasi Pengguna

Menjaga privasi pengguna ternyata sudah menjadi keunggulan paling utama dari DuckDuckGo search engine. Hal ini juga sudah menjadi bagian dari kebijakan privasi yang dimiliki oleh pesaing Google tersebut.

Pencarian yang dilakukan nantinya sepenuhnya bersifat anonim. Kamu tidak akan menemukan riwayat pencarian sehingga untuk semua pencarian akan nampak seperti belum pernah dilakukan sama sekali.

2. Sedikit Iklan

Ketika melakukan pencarian di Google, maka sudah pasti akan dijumpai banyak iklan yang ada di halaman pertama. Hal ini tentu berbeda jauh dengan DuckDuckGo yang menampilkan sedikit iklan di setiap hasil penelusurannya.

Iklan yang ditampilkan memang hanya sedikit dan sesuai dengan keyword yang telah kamu input. Jadi iklan tersebut bukan berdasarkan riwayat penelusuran sebelumnya ataupun profil pribadi.

3. Hasil penelusuran yang Tidak Bias

Kelebihan yang didapatkan lainnya adalah hasil penelusuran yang tidak bias. Hal tersebut karena penggunaannya memang menghindari filter bubble, dimana penelusuran nantinya akan dipersonalisasi sesuai dengan informasi terkait pengguna seperti riwayat pencarian sebelumnya ataupun perilaku klik.

Secara sederhana, mesin pencarian ini akan memberikan hasil tanpa perlu mengetahui latar belakang dari pengguna itu sendiri.

Inilah yang membuatnya mampu mengalahkan Google dan cocok untuk dijadikan dalam mencari sumber informasi untuk topik penelitian yang mudah dipengaruhi oleh bias budaya ataupun politik.

Google remarketing atau lebih dikenal dengan retargeting, adalah sebuah cara yang biasa digunakan pengiklan di Google Ads untuk mengikuti segala macam keinginan pengguna di Internet setelah mengakses website yang mereka miliki.

5. Mudah Digunakan

DDG mempunyai tampilan yang nampak simple alias sederhana, hal ini juga yang membuatnya sebagai platform terbaik untuk melakukan pencarian di Internet.

Semua menu yang ada terlihat dengan jelas sehingga akan memudahkan bagi pemula sekalipun. Secara estetika, DDG juga tampil secara lebih fresh dengan mengikuti tata letak dan konsep dasar dari mesin pencari yang lainnya.

Kekurangan DuckDuckGo Search Engine

Kekurangan-DuckDuckGo-Search-Engine

Meskipun memiliki banyak keunggulan, bukan berarti tak luput dari berbagai kekurangan. Berikut ini adalah beberapa kekurangan dari DukDuckGo yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan:

1. Minim Fasilitas

Kekurangan pertama yang dimiliki yaitu ada pada fasilitas atau layanan, dimana fasilitas yang ditawarkan masih berbeda jauh dengan Google.  Google sendiri memiliki beragam fasilitas unggulan untuk penggunanya seperti Google Maps, Google Flights, Google Finance, Google Books dan lainnya.

Meskipun DuckDuckGo browser memberikan fasilitas yang cukup banyak, tapi pada kenyataannya masih belum selengkap pesaingnya.

2. Kurang Nyaman Ketika Digunakan

Seperti yang kita tahu, bahwa Google selalu mengumpulkan data untuk meningkatkan layanan sekaligus user experience pengguna sehingga untuk hasil penelusuran yang bisa disesuaikan dengan minat atau profil pengguna.

Jadi ketika sedang membutuhkan informasi penting, Google akan langsung memberikan jawaban secara instan dan akurat dengan menyesuaikan pengguna itu sendiri.

Seperti misalnya, jika kamu sedang mencari informasi kueri “Restoran Jepang” maka Google akan mendeteksi lokasi pengguna secara otomatis dan memberikan rekomendasi restoran Jepang yang paling dekat.

Sedangkan DuckDuckGo sendiri sama sekali tidak mengingat profil pengguna. Sehingga jika kamu mencari informasi seperti “Restoran Jepang” maka informasi yang kamu dapatkan bersifat umum.

Nah, jika kamu memang tidak nyaman dengan hal ini, sebaiknya menggunakan Google untuk dijadikan sebagai pilihan yang paling nyaman.

3. Mangsa Pasar yang Kecil

Search engine ini ternyata masih mempunyai target atau mangsa pasar yang terbilang sangat kecil. Bahkan hanya mencapai sekitar 0,2% dari jumlah total pangsa pencarian pada tahun tahun lalu.

Angka tersebut tentu berbeda jauh jika dibandingkan dengan pesaing lainnya seperti Yandex, Ask, Baidu, Bing, dan bahkan Yahoo.

Namun masih ada Credolayout.com.com untuk terus berkembang, namun juga harus mempertahankan popularitas yang dimiliki. Bukan tidak mungkin jika pangsa pasar kedepananya semakin mengalami peningkatan secara signifikan.

4. Menggunakan Standar dari Mesin Pencari Lainnya

Kelemahan yang dimiliki DD selanjutnya yaitu masih menggunakan standar yang ditetapkan oleh search engine pada umumnya. Mulai dari fitur, ide, cara kerja dan bahkan beragam layanan atau fasilitas yang disediakan.

Hal inilah yang akhirnya membuat DDG tak mampu mengejar atau melebihi Google jika dilihat secara menyeluruh. Meski begitu, DDG masih memiliki ciri khas  yang dapat ditonjolkan dan mendapat tempat tersendiri di pasaran.

5. Algoritma Rendah

Algoritma dari mesin pencari terbaik DuckDuckGo bisa dibilang masih sangat lemah. Hal ini cukup memberikan dampak yang cukup berpengaruh karena hasil penelusuran nantinya tak sebaik Google.

Selain itu, pengalaman menjelajah atau berselancar di Internet menggunakan DKG juga masih belum sesuai dengan standar. Tapi pihak pengembang berupa untuk melakukan pembaharuan seiring berjalannya waktu.

Cara Menggunakan DuckDuckGo

Cara-Menggunakan-DuckDuckGo

Kalau kamu sudah mengetahui sedikit tentang mesin pencari yang memiliki tingkat keamanan tinggi ini, tentu kamu akan tertarik untuk mencoba mengaksesnya.

Jika masih pemula dan masih belum paham sekali bagaimana caranya, maka bisa pembahasannya di bawah ini.

1. Lewat Browser

Cara pertama yang bisa dicoba adalah dengan membukanya secara langsung dengan browser tanpa perantara sama sekali. Ini merupakan cara yang paling sederhana dan mudah, bahkan bisa digunakan di komputer ataupun PC.

  • Silahkan buka terlebih dahulu browser melalui perangkat.
  • Pada tampilan utama browser, kamu bisa klik ikon titik tiga vertical yang berada di sebelah kanan paling atas.
  • Lanjutkan dengan membuka menu Settings atau Pengaturan, lalu cari menu Search Engine.
  • Pilih menu Drop Down yang ada di sebelah menu Search Engine in The Address Bar.
  • Kemudian akan tampil beberapa pilihan Search Engine yang bisa digunakan, silahkan kamu pilih DuckDuckGo.
  • Sekarang kamu sudah menggunakannya sebagai mesin pencari terbaik di perangkat yang kamu miliki.

2. Melalui Chrome

Cara kedua yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan chrome sebagai perantara. Sama halnya dengan cara sebelumnya, cara kedua ini juga sangat mudah dan tidak terlalu rumit.

  • Pertama kamu bisa membuka browser chrome yang ada di perangkat, baik di HP, laptop ataupun komputer.
  • Silahkan ketikkan alamat URL DuckDuckGo di kolom alamat yang berada di bagian atas layar. Alamat yang perlu kamu masukkan yaitu https://duckduckgo.com/.
  • Jika sudah masuk di halaman utama situs, klik kanan pada kolom alamat URL kemudian pilih opsi Manage Search Engine.
  • Setelah itu, kamu akan diarahkan untuk masuk ke sebuah halaman yang menyuguhkan berbagai macam opsi mesin pencarian.
  • Lanjutkan dengan memilih ikon tiga vertical yang ada di samping kanan DuckDuckGo.
  • Pilih opsi Make Default dan proses selesai.

Download Apk DuckDuckGo

Download-Apk-DuckDuckGo

Menawarkan banyak kemudahan dan privasi untuk penggunanya, search engine ini mulai dikenal secara luas. Bahkan tercatat di pertengahan tahun 2019 saja, jumlah pencarian setiap harinya sudah mencapai 31 miliar lebih.

Kamu bisa menemukannya dengan mudah di platform App Store dan Play Store. Tertarik untuk menggunakannya dalam bentuk aplikasi? Kami disini sudah menyiapkan link downloadnya berikut ini:

Dari penjelasan di atas bisa diketahui bahwa DuckDuckGo merupakan search engine terbaik. Berkat kelebihannya dalam melindungi privasi dari pengguna Internet, penggunaannya selalu dijadikan sebagai solusi yang paling tepat. Tertarik untuk beralih dari Google?

 

Lihat Juga :



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *