2 Cara Transfer dari Dana ke ShopeePay dan Sebaliknya !!

13 views


DANA dan ShopeePay adalah salah dua dompet digital yang paling digunakan oleh masyarakat Indonesia. Salah satu fiturnya adalah transfer uang, ke rekening bank atau sesama dompet digital. Artinya, kamu bisa transfer DANA ke ShopeePay atau sebaliknya dengan mudah.

Banyak yang mencari tutorial bagaimana cara transfer DANA ke ShopeePay 2022. Sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan, asalkan telah memenuhi persyaratan dari kedua dompet digital tersebut. Di bawah ini bisa dicek cara transfer DANA menuju ShopeePay dan syarat-syaratnya.

Pengertian Tentang DANA dan ShopeePay

Sebelum membahas cara transfer DANA ke ShopeePay, kita akan membahas tenang pengertian dari kedua dompet digital ini. Ya, penting untuk tahu fitur keduanya jika ingin menggunakannya dengan optimal, karena memang sangat banyak dan bisa memenuhi kebutuhan pengguna di era digital.

1. DANA

DANA memang menawarkan berbagai fitur yang memudahkan pengguna untuk memenuhi hajat hidup mereka di era digital seperti sekarang ini. Jadi, DANA tidak bisa kamu fungsikan untuk transfer uang ke rekening bank atau dompet digital lainnya.

Namun, aplikasi seperti apa sih DANA itu? DANA adalah aplikasi yang berfungsi untuk menyimpan uang secara digital. Mudahnya, DANA adalah e-wallet atau dompet digital, yang memungkinkanmu bisa menyimpan uang non tunai alias cashless.

Secara sekilas, fungsi dari DANA ini seperti bank konvensional, yaitu untuk menyimpan uang. Namun, kelebihannya adalah DANA masih memiliki kelebihan lain, intinya memudahkan pengguna untuk bertransaksi dan mengelola keuangan mereka dengan mudah.

DANA sangat cocok untuk dunia dengan atmosfer digital seperti sekarang ini, terutama untuk bertransaksi. Ya, sekarang kamu tidak perlu membawa uang ke mana-mana, cukup isi saldo DANA dan lakukan transaksi secara cashless.

Belanja online juga bisa kamu lakukan dengan mudah, karena beberapa marketplace online sudah menyediakan metode pembayaran melalui DANA. Jadi, meskipun tidak memiliki rekening bank, kamu tetap bisa belanja online dengan mudah dan praktis.

Selain transaksi online, DANA juga memiliki fitur lain yang tidak kalah menarik, mulai dari pembayaran tagihan, isi pulsa, isi paket data sampai instrumen investasi. Jika kamu ingin hidup muda di era digital ini, terutama soal transaksi, maka jangan ragu untuk menggunakan DANA.

2. ShopeePay

ShopeePay

Pengguna Shopee pasti sudah kenal dengan yang namanya ShopeePay. Ya, ShopeePay adalah salah satu produk dari Shopee, yaitu dompet digital yang menjadi salah satu metode pembayaran di marketplace tersebut. Dengan fitur ini, pengguna Shopee akan lebih nyaman dalam berbelanja dan bertransaksi.

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari ShopeePay :

  • Transaksi online di aplikasi dan atau website Shopee.
  • Transaksi online di aplikasi dan website penjual di Shopee (Merchant).
  • Transaksi offline di gerai yang menerima pembayaran lewat QRIS dan ShopeePay.
  • Menerima dana sekaligus transfer ke kontak ShopeePay.
  • Menerima dan transfer uang dari DANA ke ShopeePay dan dompet digital lainnya.
  • Tarik saldo ShopeePay rekening bank.
  • Alat pembayaran untuk membeli item-item premium di game mobile.
  • Alat pembayaran untuk membeli item atau berlangganan versi pro sebuah aplikasi.

Berbeda dengan DANA yang berdiri sendiri, ShopeePay tidak bisa terpisah dari Shopee. Ya, jadi jika ingin menggunakan ShoppePay, otomatis kamu harus download aplikasi Shopee terlebih dahulu. Baru setelahnya bisa menggunakan ShopeePay.

Namun ingat, kamu tidak bisa serta merta menggunakan ShopeePay ya, karena harus mendaftar terlebih dahulu. Bagaimana caranya? Sangat mudah, kamu tinggal daftar menggunakan nomor HP yang aktif, lalu atur PIN demi keamanan bertransaksi.

Sampai sini kamu sudah bisa menggunakan ShopeePay untuk bertransaksi, namun masih terasa kurang. Untuk menggunakan fitur ShopeePay yang lebih lengkap, disarankan untuk melakukan verifikasi, untuk mendapatkan berbagai keuntungan seperti saldo maksimal ShopeePay yang bertambah.

Ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan ShopeePay untuk membayar belanjaan di Shopee. Memang, Shopee sering mengadakan promo dan cashback menarik bagi mereka yang membayar belanjaan dengan ShopeePay.

Jadi, jangan lupa untuk memastikan saldo ShopeePay selalu tersedia ya. Cara isi saldo ShopeePay juga mudah dan ada banyak, mulai dari transfer bank, lewat ATM, internet dan mobile banking atau lewat minimarket seperti Indomaret dan Alfamaret.

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Transfer DANA ke ShopeePay

Hal-yang-Harus-Diperhatikan-Sebelum-Transfer-DANA-ke-ShopeePay

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus kamu tahu atau perhatikan sebelum transfer DANA ke ShopeePay :

1. Perubahan Mekanisme Transfer DANA

Jika kamu belum tahu, telah ada perubahan cara transfer DANA ke dompet digital lainnya. Berbeda dari sebelumnya, jika ingin transfer uang dari DANA ke dompet digital atau rekening, sekarang dialihkan ke halaman Saldo Digital.

2. Biaya Transfer DANA ke ShopeePay

Karena mekanisme pembayaran dialihkan ke halaman Saldo Digital, maka transfer DANA tidak akan gratis lagi. Tentunya, pengguna yang ingin transfer uang dari DANA akan dikenai biaya administrasi, yaitu sebesar Rp999.

Mungkin tidak terlihat nominal yang banyak ya, namun jika dikalikan berapa kali transfer, tentu akan terasa banyaknya. Sayangnya, mekanisme ini sudah diberlakukan dan sepertinya tidak akan ada lagi cerita transfer gratis antar dompet digitial.

3. Biaya dari ShopeePay

ShopeePay juga memberlakukan biaya administrasi untuk top up, yaitu sebesar Rp500. Namun, biaya admin tersebut tidak akan ada jika kamu menggunakan VA (Virtual Account) dari Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Permata dan SeaBank.

Persyaratan Transfer Uang dari DANA ke ShopeePay

Persyaratan-Transfer-Uang-dari-DANA-ke-ShopeePay

Sebelum transfer DANA ke dompet digital lainnya (termasuk ShopeePay), ada beberapa syarat yang harus kamu tahu. Kamu harus memenuhi syarat tersebut, karena jika tidak, transfer uang dari DANA ke dompet digital atau rekening bank tidak akan bisa diproses.

1. Upgrade DANA ke Premium

Agar kamu bisa transfer DANA ke dompet digital dan rekening bank, kamu harus meningkatkan versi DANA ke premium. Dengan meningkatkan atau upgrade versi, kamu akan bisa menikmati banyak fitur menguntungkan, seperti batas saldo maksimal dan transfer uang.

2. Update Aplikasi DANA

Kamu juga harus update atau memperbarui versi aplikasi DANA agar bisa transfer uang dari DANA ke dompet digital dan rekening bank. Disarankan untuk mengatur agar ada pembaruan aplikasi otomatis, agar DANA langsung diperbarui begitu muncul versi terbarunya.

3. Batas Minimal Transaksi

Kamu juga harus tahu minimal nominal yang bisa ditransfer dari DANA, yaitu Rp10.000. Jadi, kamu tidak bisa transfer nominal di bawah Rp10.000. Pastikan juga bahwa saldo DANA lebih dari nominal yang akan dikirimkan, jaga-jaga jika ada biaya transfer yang dibutuhkan.

Lalu berapa maksimal dana yang bisa ditransfer dari DANA ke ShopeePay? Nah, maksimal uang yang bisa kamu transfer ke dompet digital lain atau rekening bank adalah Rp10.000.000. Sangat memadai, khususnya untuk pebisnis yang sering transfer dalam jumlah yang besar.

4. Jatah Gratis Biaya Admin

Sebenarnya, DANA memberikan jatah gratis biaya admin untuk transfer, yaitu sebanyak 10 kali setiap bulannya. Namun, ada syarat minimal nominal transfer, yaitu Rp50.000 dan di atasnya. Jadi, jika kamu transfer lebih dari Rp50.000, maka akan gratis biaya admin, sampai 10 kali.

5. Akun Tujuan

Jika kamu ingin mengirim uang dari DANA ke ShopeePay, maka hanya akun DANA saja yang wajib premium. Jadi, akun Shopee tujuan tidak harus upgrade ke versi premium juga, jika hanya digunakan untuk menerima dana transfer.

Cara Upgrade Akun DANA ke Premium

Cara-Upgrade-Akun-DANA-ke-Premium

Seperti yang telah dijelaskan di atas, kamu harus upgrade akun DANA ke premium agar bisa transfer uang ke dompet digital atau rekening bank. Jangan khawatir, cara upgrade DANA ke premium sangat mudah, namun ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan, yaitu :

  • Foto KTP
  • Foto Wajah (Selfie)

Beda dengan aplikasi sejenis, upgrade DANA ke premium tidak mengharuskanmu selfie secara langsung di aplikasi. Proses upgrade akun juga sangat cepat, hanya butuh waktu tidak lebih dari 5 menit saja, namun pastikan tersedia jaringan internet yang lancar ya.

Oh ya, kedua foto yang di atas harus kamu persiapkan dengan sebaik-baiknya. Maksudnya, siapkan foto yang jernih dan tajam, agar bisa dikenali oleh sistem dengan mudah. Nah, di bawah ini adalah cara upgrade akun DANA ke premium :

  • Buka aplikasi DANA yang terpasang di HP.
  • Setelah DANA terbuka, langsung buka menu Saya di pojok kanan bawah.
  • Selanjutnya klik Verifikasi Akun Anda.
  • Setelahnya akan muncul halaman yang menerangkan keuntungan apa saja yang bisa didapatkan dengan upgrade DANA.
  • Setelah paham dengan keuntungan tersebut, silakan klik Daftar Sekarang.
  • Kemudian klik Mulai Yuk!
  • Lalu posisikan posisi KTP di tempat yang cerah, lalu ambil fotonya dan klik Lanjut.
  • Selanjutnya ambil foto wajah dan klik Mulai.
  • Lalu silakan foto wajahmu atau selfie dengan angle yang pas dan kedipkan mata dua kali untuk mengambil foto tersebut.
  • Selanjutnya periksa foto selfie, apakah sudah bagus atau butuh diulang.
  • Jika sudah puas dengan hasilnya, klik Kirim.
  • Setelahnya kamu tinggal menunggu, sampai pihak DANA selesai melakukan verifikasi dan validasi data.
  • Jika mereka setuju, akan muncul notifikasi bahwa kamu telah berhasil upgrade DANA premium.

Dengan upgrade akun DANA ke premium, kamu akan mendapatkan berbagai keuntungan, seperti :

  • Transfer saldo DANA dengan bebas ke semua dompet digital dan rekening bank.
  • Limit saldo DANA bertambah, yang awalnya hanya Rp2juta menjadi Rp10juta.

Jangan khawatir kalau disuruh memasukkan foto KTP dan selfie, karena datamu akan aman 100%. DANA juga sudah diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan), jadi datamu tidak akan mereka salah gunakan sama sekali.

Cara Transfer DANA ke ShopeePay

Cara-Transfer-DANA-ke-ShopeePay

Kamu tidak perlu takut untuk transfer DANA ke dompet digital karena bisa dilakukan di aplikasinya langsung. Ya, kamu tidak memerlukan perantara untuk transfer DANA ke dompet digital dan rekening bank, jadi bisa dilakukan dengan cepat dan mudah.

Namun, sebelum melakukan transfer, pastikan smartphone yang kamu gunakan telah terhubung dengan koneksi internet yang stabil ya. Koneksi internet yang baik memang dibutuhkan, karena DANA harus dalam keadaan online.

Cara transfer DANA ke ShopeePay secara langsung ini menggunakan VA alias Virtual Account. Akan lebih baik jika kamu menggunakan BNI, SeaBank dan Bank Permata agar Shopee tidak mengambil biaya transfer.

Namun begitu, tetap ada biaya transfer dari DANA, yaitu sebesar Rp999. Jadi, jika kamu ingin transfer Rp10.000, setidaknya kamu harus memiliki saldo DANA Rp11.000 atau di atasnya. Nah, berikut bisa dicek cara transfer uang dari DANA menuju ShopeePay :

  • Pertama, buka aplikasi Shopee yang akan ditransfer dari DANA.
  • Setelah Shopee terbuka, masuk ke menu ShopeePay.
  • Selanjutnya klik Isi Saldo, kemudian pilih Bank Transfer sebagai metode pembayaran.
  • Jika ingin gratis, pilih BNI, Bank Permata atau SeaBank. Jika tidak punya, bisa pilih bank apa saja.
  • Selanjutnya klik Konfirmasi untuk melanjutkan transaksi.
  • Setelahnya akan muncul deretan nomor Virtual Account atau VA, lalu salin nomor
  • Jika sudah, sekarang tutup aplikasi Shopee, dan buka DANA.
  • Selanjutnya klik Kirim lalu pilih Kirim ke Rekening Bank.
  • Selanjutnya pilih bank yang telah kamu pilih di ShopeePay sebelumnya.
  • Lalu tempelkan nomor VA yang telah disalin sebelumnya, atau masukkan secara manual dengan format 706 + nomor HP yang terdaftar di ShopeePay.
  • Jika sudah, masukkan nominal uang yang akan dikirim ke ShopeePay, dan Konfirmasi.
  • Selanjutnya cek kembali detail transaksi, jangan sampai ada yang salah.
  • Jika sudah benar semuanya, klik Konfirmasi untuk mengirim uang tersebut ke ShopeePay.
  • Terakhir, kamu tinggal memasukkan PIN DANA untuk melanjutkan.
  • Selesai, silakan cek nomor ShopeePay tujuan, pasti sudah ada dana masuk terbaru.

Cara Transfer ShopeePay ke DANA

Cara-Transfer-ShopeePay-ke-DANA

Tidak hanya transer dari DANA ke ShopeePay, kamu juga bisa melakukan hal sebaliknya, yaitu transfer ShopeePay ke DANA. Tidak perlu khawatir, caranya sama mudahnya kok, asalkan kamu telah memenuhi syarat-syarat yang ditentukan.

Sama seperti ketika ingin transfer DANA, kamu harus melakukan verifikasi akun ShopeePay terlebih dahulu. Setelahnya, kamu masih harus upgrade akun ShopeePay ke premium, dengan mengunggah foto KTP dan foto selfie.

Jika sudah, berikut bisa kamu cek cara transfer uang dari ShopeePay ke DANA :

  • Pertama, buka aplikasi Shopee,
  • Masuk ke menu ShopeePay.
  • Selanjutnya pilih Saldo ShopeePay.
  • Kemudian klik Transfer lalu pilih Penarikan dari Rekening Bank.
  • Jika sudah, sekarang masukkan format transfer ke DANA, yaitu 8059 + nomor HP yang telah didaftarkan ke DANA. Contohnya adalah 8059082233334444.
  • Lalu masukkan nominal yang ingin kamu transfer ke DANA.
  • Selanjutnya cek detail transaksi sekali lagi, jangan-jangan ada yang salah.
  • Jika sudah benar semuanya, klik OK dan masukkan PIN keamanan ShopeePay.
  • Selesai, silakan buka DANA yang ditransfer, pasti sudah ada dana masuk ke dalamnya.

Bisakah transfer dari DANA ke ShopeePay atau sebaliknya dengan nomor yang sama? Tentu saja bisa, meski kamu mendaftarkan satu nomor HP ke DANA dan ShopeePay, tetap bisa transfer uang dari satu e-wallet ke e-wallet lainnya.

Alasan Tidak Bisa Transfer Saldo DANA ke ShopeePay

Alasan-Tidak-Bisa-Transfer-Saldo-DANA-ke-ShopeePay

Tidak semua proses transfer DANA ke dompet digital lainnya berhasil, bisa saja terjadi masalah yang menyebabkan kegagalan transfer. Nah, di bawah ini adalah beberapa alasan yang menyebabkan kegagalan transfer uang dari DANA :

  • Akun DANA belum ditingkatkan atau di-upgrade ke akun premium.
  • Aplikasi DANA belum di-update di Google Play atau App Store.
  • Koneksi internet yang bermasalah, bisa restart data terlebih dahulu jika ini terjadi.
  • Kesalahan pada kode transfer.

Transfer DANA ke ShopeePay dan sebaliknya sangat mudah, kamu hanya harus upgrade akun DANA terlebih dahulu untuk melakukannya. Setelahnya kamu bisa bebas transfer ke e-wallet atau rekening bank minimal Rp10.000 dan maksimal Rp10.000.000.

 

Lihat Juga :



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.